Header Image

Gilligans-Island-The-Musical

5 Tanda Bahwa Anda Sudah Mengambil Investasi Yang Baik

Kemungkinannya adalah anda mungkin sudah tahu bahwa anda harus memulai investasi segera.

Masalahnya? Hal ini dapat menjadi sesuatu yang berlebihan untuk mencari tahu “apa” yang membuat investasi menjadi baik.

Salah satu aspek yang paling menakutkan dari investasi adala mencoba untuk memilih saham yang “benar”. Anda tidak ingin membuat kesalahan yang akan menggerogoti semua biayamu dengan sejumlah kerugian finansial yang amat besar.

Meskipun tidak ada cara untuk benar-benar melindungi diri terhadap kerugian saat anda berinvestasi, ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membatasi resikomu dan menemukan investasi terbaik didalam portofoliomu.

Saat sebagian besar dari kita memikirkan investasi, pikiran kita akan otomatis menuju ke pemilihan saham.

Sebagian besar dari kita mungkin mulai mencoba untuk mencari tahu saham mana yang akan menjadi “pemenang”. Namun, anda tidak perlu terlalu terlibat dengan investasi di saham individu untuk menjadi orang sukses.

Sebelum anda masuk ke pemilihan saham, pertimbangkanlah kemungkinan untuk berinvestasi didalam indeks reksa dana. Bagian terbaiknya? Anda tidak perlu khawatir tentang jargon dan menemukan “investasi yang benar” saat anda memiliki celah yang luas di pasar.

Dengan dana indeks, anda memiliki sepotong segalanya pada indeks tertentu. Ini mungkin sekumpulan obligasi, sekumpulan saham, atau beberapa sekumpulan aset lainnya.

Pada dasarnya, salah satu cara termudah untuk memulai investasi dan mengimbangi pertumbuhan pasar adalah mempertimbangkan dana seluruh pasar.

Anda tidak akan berakhir dengan tingkat pengembalian yang seksi saat mengikuti strategi ini, tetapi anda memiliki kesempatan untuk meraih keuntungan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Ditambah lagi, anda mendapatkan diversifikasi instan karena anda berinvestasi dalam berbagai aset.

Secara keseluruhan, pasar saham tidak pernah memiliki kerugian yang lebih tinggi dari keuntungan dalam jangka waku 25 tahun. Hal ini bisa saja bagi kita untuk melihat kerugian dalam kurun waktu 1 tahun, atau berjuang selama 5 tahun; tetapi seiring waktu berjalan, anda akan menuju ke arah keuntungan.

Jadi, jika anda tidak ingin merusaknya saat memilih saham maka indeksasi dapat menjadi strategi yang baik.

Tetapi, jika anda masih ingin mencari investasi terbaik dengan memilih saham individu atau memasukkan uang ke dalam aset lain, disini adalah 5 tanda-tanda untuk mencari sebelum terjun ke dalamnya.

  1. Memulai dengan fundamental

Saat memilih saham individu, hal ini membantu untuk melihat fundamental perusahaan.

Fundamental dari sebuah perusahaan adalah sebuah item yang dapat menunjukkan kesehatan. Karakteristifk ini tidak terkait dengan pola perdagangan dan fluktuasi harga.

Beberapa fundamental yang perlu dipertimbangkan termasuk:

Karena fundamental dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan lainnya, penting untuk membandingkan fundamental dengan perusahaan lain dalam industry atau sector yang sama. Sebuah perusahaan dengan fundamental yang solid kemungkinan dapat bertahan di pasar atau dalam perekonomian.

  1. Kelangsungan hidup jangka panjang

Seberapa besar kemungkinan investasi dapat bertahan? Bisakah anda melihat dirimu sendiri menetap disana setidaknya selama 5 sampai 10 tahun? Investasi yang bai dapat melangsungkan hidupnya dalam jangka panjang.

Pada akhirnya, anda ingin merasakan kebaikan tentang menjaga investasi dalam jangka panjang dan merasa nyaman saat menginvestasikan dividen kembali jikalau itu sebuah pilihan.

Hasil terbaik dari waktu ke waktu muncul dari menetap dengan jangka panjang dan mengambil kesempatan dari keuntungan seiring waktu berjalan. Pertimbangkanlah untuk menggali model bisnis dan margin keuntungan perusahaan lebih dalam. Dan, sejarah perusahaan juga.

Ide ini juga berfungsi pada aset lainnya. Apa jenis kelangsungan hidup jangka panjang dari real estate di daerah anda? Jika anda ingin melakukan penyewaan, anda perlu mempertimbangkan apakah pasar sewa dapat bertahan dalam jangka panjang.

Apakah anda berpikir jika harga minyak dan emas bisa meningkat dari waktu ke waktu? Pelajarilah untuk melihat apakah investasimu memiliki kelangsungan hidup jangka panjang.

  1. Pendapatan

Lihatlah pendapatan dari sudut pandang investasi. Sangat penting untuk mempertimbangkan stabilitas dan pertumbuhan saat mencoba untuk menemukan investasi yang baik.

Apakah investasi memberikan pendapatan yang relative konsisten? Ini berarti bahwa perusahaan melihat pertumbuhan laba secara rutin dari waktu ke waktu dengan cara mudah dapat uang.

Walaupun mungkin ada tahun pendapatan yang lebih besar atau lebih kecil, serta sejumlah kerugian dalam beberapa tahun, anda tentu ingin melihat konsistensi umum dalam perolehan laba dari waktu ke waktu.

Ingat, selalu waspada. Pendapatan yang selalu konsisten, seperti 10% di setiap tahun, patut dicurigai. Setiap investasi memiliki titik anjlok. Konsistensi jarum jam umumnya merupakan tanda dari penipuan.

Lihatlah kualitas labanya juga. Pada akhir hari, anda ingin memastikan bahwa pendapatan tersebut masuk akal.

Penurunan pendapatan dan meningkatnya biaya dalam persetujuan dengan penghasilan tinggi sebenarnya tidak dapat dipertahankan. Ini berarti, pendapatan tersebut tidak berkualitas tinggi dan mungkin tidak akan bertahan. Hindari investasi yagn tidak dapat mempertahankan laba dan pertumbuhan.

  1. Pertumbuhan dividen yang konsisten

Saat perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar sebagian dari pendapatannya kembali kepada pemegang saham, itu umumnya sebuah pertanda yang baik. Jika perusahaan secara konsisten meningkatkan dividennya, ini merupakan sebuah tanda kesehatan.

Mencari investasi yang baik menggunakan dividen sebagai tanda ini bukanlah tentang hasil yang tinggi. Sebaliknya, carilah perusahaan dengan hasil menengah yang meningkatkan pendapatan secara teratur. Sesuatu pada daftar dividen aristocrat adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Bukan hanya daftar yang harus dipertimbangkan, selain itu ada indikasi yang baik bahwa perusahaan yang sehat  dan investasi yang baik jikalau terdaftar didalamnya.

  1. Membantu anda dalam mencapai tujuan

Akhirnya, investasi yang baik membantu anda dalam mencapai tujuanmu. Investasi yang mungkin dikatakan baik dalam portofolio orang lain, bisa saja tidak sesuai untuk nada. Anda memiliki tujuan, jangka waktu dan profil resiko pribadi.

Saat mengevaluasi investasi, lihat kembali potensi, riwayat, dan fundamental untuk menyaksikan bagaimana hal-hal tersebut sesuai dengan tujuan jangka panjangmu.

Apakah investasi tersebut kemungkinan akan bertumbuh pada tingkat yang sesuai untuk membantu menumbuhkan portofoliomu dan mencapai tujuan masa pensiunmu? Apakah anda dapat tidur nyenyak di malam hari saat menempatkan uang didalam investasi tersebut?

Di kemudian hari, anda harus merasa nyaman dengan investasimu sendiri dan yakin bahwa hal tersebut akan membantu anda dalam mencapai tujuanmu.